candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) DENGAN MEDIA ALAT MUSIK PIANIKA DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ALAT MUSIK MELODIS DI KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGSARI TAHUN AJARAN 2015/2016

nurlaelly nugrah erni

Abstract


ABSTRAK 

Nurlaelly Nugrah Erni. PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) DENGAN MEDIA ALAT MUSIK PIANIKA DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ALAT MUSIK MELODIS DI KELAS IV SD NEGERI 1 KARANGSARI  TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2016.   Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pendekatan SAVI dengan media alat musik pianika, (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari dua pertemuan, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Karangsari yang berjumlah 22 siswa. Sumber data penelitian ini yaitu guru, siswa, teman sejawat, peneliti dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan pendekatan Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) dengan media alat musik pianika terdiri dari empat langkah yaitu (a) Somatic, keterampilan guru mengaktifkan fisik siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung dengan menggunakan media alat musik pianika; (b) Auditory, kemampuan guru untuk membuat indra pendengaran siswa menjadi aktif dengan menggunakan media alat musik pianika; (c) Visual, kemampuan guru untuk mengaktifkan indra penglihatan siswa untuk menanggapi apa yang dilihat dengan media alat musik pianika; dan (d) Intellectual, kemampuan guru menciptakan suasana yang mendukung siswa berpikir dalam memecahkan masalah dengan media alat musik pianika, (2) penerapan pendekatan SAVI dengan media alat musik pianika dapat meningkatkan hasil belajar pada materi alat musik melodis di kelas IV SD Negeri 1 Karangsari tahun ajaran 2015/2016 yang dibuktikan dengan perolehan hasil pada siklus I mencapai 61,36%, siklus II meningkat menjadi 81,82% dan pada siklus III meningkat lagi menjadi 90% dan telah mencapai indikator kinerja yang ditargetkan yakni 85%, (3) kendala pelaksanaan yaitu beberapa siswa masih belum bisa membaca dan memainkan tuts pianika secara bersamaan dan solusi terhadap kendala tersebut adalah guru menyanyikan not lagu dan siswa mendengarkan serta menekan tuts pada pianika sesuai not yang dinyanyikan guru. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan SAVI dengan media alat musik pianika dapat meningkatkan hasil belajar pada materi alat musik melodis di kelas IV SD Negeri 1 Karangsari tahun ajaran 2015/2016.  Kata kunci: pendekatan SAVI, pianika, hasil belajar musik   

 

ABSTRACT 

Nurlaelly Nugrah Erni. THE APPLICATION OF SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, AND INTELLECTUAL (SAVI) APPROACH USING MUSIC INSTRUMENT PIANO IN IMPROVING LEARNING OUTCOMES ON MATERIAL OF MELODY MUSIC INSTRUMENT FOR THE FOURTH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI 1 KARANGSARI IN THE ACADEMIC YEAR OF 2015/2016. Thesis, Teacher Training and Education Faculty, Sebelas Maret University of Surakarta. 2016. The objectives of this research are: (1) to describe the steps on the application of Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual (SAVI) approach using music instrument piano, (2) to improve students’ learning outcomes of the fourth grade students, and (3) to describe problems and solutions. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of two meetings including planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were 22 students of the fourth grade of SD Negeri 1 Karangsari. Sources of data were derived from teachers, students, classmates, researchers and document. Techniques of collecting data were test, observation, interview, and documentation. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Data were analyzed using quantitative and qualitative descriptive analysis. The results of this research show that: (1) there are four steps on the application of Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual (SAVI) approach, namely: (a) Somatic, the teacher’s ability in activating students’ involvement during teaching and learning process using music instrument piano, (b) Auditory, the teacher’s ability in activating students’ listening ability using music instrument piano, (c) Visual, the teacher’s ability in activating students’ visual sense to response what is seen using music instrument piano, (d) Intellectual, the teacher’s ability in creating conducive learning condition that supports students in solving problems using music instrument piano; (2) the application of Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual (SAVI) approach can improve students’ learning outcomes on material of melody music instrument for the fourth grade students of SD Negeri 1 Karangsari in academic year 2015/2016. It was proven by the increase of learning outcomes in the first cycle by 61.36%, in the second cycle by 81.82%, in the third cycle 90% and has reached specified achievement indicator by 85%; and (3) the problem encountered in the learning is some students could not read and play piano keys simultaneously. Solutions for this problem is students listen and press piano keys based on music notation by the teacher. The conclusion of this research is the application of Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual (SAVI) approach can improve students’ learning outcomes on material of melody music instrument for the fourth grade students of SD Negeri 1 Karangsari in academic year 2015/2016.  Keywords: SAVI approach, piano, learning outcomes of music


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.