candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN PENDEKATAN INDUKTIF DENGAN MEDIA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG PADA SISWA KELAS III SDN 2 KARANGSARI TAHUN AJARAN 2015/2016

Rahayu Agustiani

Abstract


Abstract: Application of Inductive Approach using Concrete Media in Improving Mathematic about Square and Rectangle in 3rd Grade Students of Elementary School. Objectives of the research: to improve Mathematic learning. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted in three cycles. Each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection. Subjects of this research were 30 third students of SDN 2 Karangsari. The results of the research show that the application of Inductive Approach using concrete media that implemented with appropriate procedure can improve Mathematic learning for the third grade students.

 

Keyword: Inductive Approach, concrete media, Mathematic

 

 

Abstrak: Penerapan Pendekatan Induktif dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Persegi dan Persegi Panjang pada Siswa Kelas III SD. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran matematika. Pendelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif dengan tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaa, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas III SDN 2 Karangsari dengan jumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan induktif dengan media konkret yang dilaksanakan dengan langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran matematika pada siswa kelas III SD.

 

Kata Kunci: Pendekatan Induktif, media konkret, pembelajaran matematika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.