candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN TIPE TAI DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SDN 2 KRANDEGAN TAHUN 2015/2016 Tri Subekti1, Ngatman2, Triyono3 PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret. Jl. Kepodang 67 A Panjer Kebumen e-mail: bektib

tri subekti

Abstract


Abstract: The Application of TAI Model Using Multimedia in Improving Mathematics Learning about Geometry for the Fifth Grade Students of SD Negeri 2 Krandegan in the Academic Year of 2015/2016. The objectives of this collaborative Classroom Action Research (CAR)  is to improve Mathematics learning about geometry through the application of TAI model using multimedia. This research was conducted within three cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of this research were 28 students. Techniques of collecting data were observation, interview, and test. The conclusion of this research is the application of TAI model using multimedia can improve Mathematics learning about geometry for the fifth grade students of SD Negeri Krandegan in the academic year of 2015/2016.

Keywords: TAI model, multimedia, learning improvement, geometry

Abstrak: Penerapan Tipe TAI dengan Multimedia dalam Peningkatan Pembelajaran Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SDN 2 Krandegan Tahun 2015/2016. Tujuan penelitian tindakan kelas kolaboratif ini adalah mendeskripsikan peningkatan pembelajaran sifat bangun ruang dengan menerapkan model kooperatif tipe TAI dengan multimedia. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek pada penelitian ini berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan tes. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe TAI dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran sifat bangun ruang pada siswa kelas V SDN 2 Krandegan tahun 2015/2016.

Kata kunci:Model TAI, multimedia, sifat bangun ruang

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.