candi borobudur kerajaan di indonesia

Penerapan Model Think Talk Write dengan Multimedia dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS tentang Perkembangan Teknologi pada Siswa Kelas IV SDN 1 Pejagoan Tahun Ajaran 2015/2016

ismi fadila

Abstract


Abstract: The Application of Think Talk Write Model Using Multimedia in Improving Social Science Learning about Development of Technology for the Fourth Grade Students of SD Negeri 1 Pejagoan in the Academic Year of 2015/2016. The objective of this research is to improve social science learning. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Subjects of the research were 33 students of the fourth grade of SD Negeri 1 Pejagoan in the academic year of 2015/2016. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of technique and triangulation of sources. Techniques of collecting data were observation, interview, and test. Source of data were derived from students, teacher, researcher, and classmates. The results of this research showed that the application of Think Talk Write model using multimedia can improve social science learning about development of technology. It was proved by the increase in every cycles, namely in the first cycle 54.39%, in the second cycle 76.56%, and in the third cycle 88.75%.

Keywords: Think Talk Write, multimedia, social science learning outcomes

 

Abstrak: Penerapan Model Think Talk Write dengan Multimedia dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS tentang Perkembangan Teknologi pada Siswa Kelas IV SDN 1 Pejagoan Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek Penelitian adalah siswa kelas IV SDN 1 Pejagoan tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 33. Validasi data menggunakan teknik triangulasi yang berupa triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan non tes. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari siswa, guru, peneliti, dan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Think Talk Write dengan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar IPS tentang perkembangan teknologi dengan KKM ≥ 75. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan pada tiap siklusnya yaitu pada siklus I sebesar 54,39%, siklus II 76,56%, dan siklus III 88,75%.

Kata kunci: model Think Talk Write, multimedia, hasil belajar IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.