Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Bangun Datar pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tamanwinangun
Abstract
PENGGUNAAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN MEDIA KONKRET
DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BANGUN DATAR
PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 TAMANWINANGUN
TAHUN AJARAN 2015/2016
Wahyu Lestari1, Wahyudi2, Joharman3
PGSD, FKIP Universitas Sebelas Maret
e-mail: wahyutari59@gmail.com
1 Mahasiswa PGSD FKIP UNS, 2,3 Dosen PGSD FKIP UNS
Abstract: The Use of Realistic Mathematics Education (RME) Approach Using Concrete Media in Improving Mathematics Learning about Geometry for the Fifth Grade Students of SD Negeri 1 Tamanwinangun in the Academic Year of 2015/2016. The objectives of this research to improve Mathematics learning for the fifth grade students. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles. Each cycle consisted of two meetings including planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were 29 students. Techniques of collecting data were observation, interview, documentation, and test. The results of this research showed that the use of Realistic Mathematics Education (RME) approach using concrete media can improve learning outcomes about geometry for the fifth grade students of SD Negeri 1 Tamanwinangun.
Keywords: Realistic Mathematics Education (RME), concrete media, geometry
Abstrak: Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Bangun Datar pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tamanwinangun. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas V SD, Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Tamanwinangun yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran Bangun Datar pada siswa kelas V SDN 1 Tamanwinangun.
Kata Kunci: Realistic Mathematics Education (RME), Media konkret, Bangun Datar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id
Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.
Isi di luar tanggung jawab penerbit.