candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG PECAHAN SISWA KELAS V SD NEGERI 2 BANYUMUDAL

SRI NURHAYATI

Abstract


Abstrak: Penerapan Metode Problem Solving Dalam Peningkatan Pembelajaran Operasi  Hitung Pecahan Siswa Kelas V SD Negeri 2 Banyumudal. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode Problem Solving, (2) meningkatkan pembelajaran operasi hitung pecahan dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi. Penelitian ini termasuk ke dalam Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Banyumudal. Hasil dari penelitian ini adalah (1) langkah-langkah metode Problem Solving adalah (a) memahami masalah, (b) merencanakan pemecahan masalah, (c) melaksanakan pemecahan masalah, (d) memeriksa jawaban, (2) Penerapan metode Problem Solving dapat meningkatkan pembelajaran operasi hitung pecahan, (3) Kendalanya adalah membutuhkan waktu yang lama dan solusinya adalah peneliti lebih membagi waktu supaya sesuai dengan alokasi waktunya. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan metode Problem Solving dapat meningkatkan pembelajaran Operasi Hitung Pecahan siswa kelas V.

Kata Kunci: problem solving,  pembelajaran, operasi hitung pecahan

 

Abstract:  The Application Problem Solving Method To Improve Arithmetic Operation Learning V SDN 2 Banyumudal. The purpose of this research are (1) to describe  the appropriate steps in the implementation Problem Solving method, (2) to improve Arithmetic Operation learning, (3) to describe the obstacles and solution. This research is Classroom Action Research (CAR). The research are  conducted in three cycles with each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. The subjects of  this research are of all students V SDN 2 Banyumudal. The result show that: (1) the steps Problem Solving method is (a) problem understanding, (b) planning problem solving, (c) implementation Problem Solving, (d) controling of answer, (2) Problem Solving method known application Arithmetic Operation learning can improve learning outcomes, (3) the problem is that it need too time allocation. The solution is researchers should divide the time efficiently as the time allocation.  The conclusion of this research is the application Problem Solving method can  improve Fraction Arithmetic Operation learning for fifth grade students.

Keywords:, problem solving, learning, Fraction Arithmetic Operation

 



Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.