candi borobudur kerajaan di indonesia

Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan Media Visual dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika di Kelas I SDN 1 Kuwarasan

Tri Wahyuni

Abstract


Abstract: The Application of Learning Approach of Realistic Mathematic Education (RME) with Visual Media in Improving Mathematic Learning of the First Grade of SDN 1 Kuwarasan. The objectives of this research are: (1) to describe the application of learning approach of RME e with visual media and (2) improve Mathematic learning. This research is a collaborative Class Action Research (CAR) that was conducted in three cycles. Subject of this research are first grade student of SDN 1 Kuwarasan in academic year of 2014/2015 totalling 23 students. The results show that: (1) the application of learning approach of RME technique with visual media has been carried out through five steps, namely: (a) giving contextual problem, (b) explain contextual problem by visual media; (c) solution of contextual problem with visual media; (d) discuss and compare of solution; (e) drawing conclusion with together and (2) the application of learning approach of RME with visual media can improve Mathematic learning.  Keywords: RME, visual media, learning, Mathematic Abstrak: Penggunaan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dengan Media Visual dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika di Kelas I SDN 1 Kuwarasan. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penggunaan pendekatan PMR dengan media visual dan (2) meningkatkan pembelajaran Matematika. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 1 Kuwarasan tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:  (1) penggunaan pendekatan PMR dengan media visual dilaksanakan melalui lima langkah, yaitu: (a) pemberian masalah kontekstual menggunakan media visual; (b)  penjelasan masalah kontekstual dengan media visual; (c) penyelesaian masalah kontekstual dengan bantuan media visual; (d) membandingkan dan mendiskusikan jawaban; (e) penyimpulan jawaban secara bersama dan (2) penggunaan pendekatan PMR dengan media visual dapat meningkatkan pembelajaran Matematika. Kata kunci: PMR, media visual, pembelajaran, Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.