candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KEDUNGSARI TAHUN AJARAN 2014/2015

Kodrat Yulianto

Abstract


ABSTRAK

 

Kodrat Yulianto. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DENGAN MULTIMEDIA DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KEDUNGSARI TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Juni 2015.

 

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dengan multimedia dalam peningkatan pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Kedungsari tahun ajaran 2014/2015; (2) untuk meningkatkan pembelajaran IPA melalui penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dengan multimedia pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kedungsari tahun ajaran 2014/2015; dan (3) untuk mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dengan multimedia dalam peningkatan pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri 1 Kedungsari tahun ajaran 2014/ 2015.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam  tiga siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan  refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kedungsari tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Validitas data menggunakan teknik triangulasi yakni triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari guru, siswa, dan observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dengan multimedia dapat meningkatkan Pembelajaran IPA di Kelas V yang dilaksanakan melalui enam langkah yaitu: a) tumbuhkan dengan multimedia; b) alami; c) namai dengan multimedia; d) demonstrasikam; e)  ulangi dengan multimedia; f) rayakan; (2) penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kedungsari. Hal tersebut dibuktikan dengan pengamatan mengenai peningkatan hasil belajar IPA pada siklus I mencapai 55%, siklus II mencapai 71%, dan siklus III mencapai 89%; dan (3) Kendala utama dalam penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dengan multimedia adalah pelaksanaan percobaan dan diskusi belum maksimal. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut adalah guru lebih membimbing dan memaksimalkan kegiatan percobaan diskusi.

Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dengan multimedia jika dilaksanakan sesuai langkah yang tepat dapat meningkatkan pembelajaran IPA tentang sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kedungsari tahun ajaran 2014/2015.

 

Kata kunci: Quantum Teaching, multimedia, IPA

 

ABSTRACT

Kodrat Yulianto. THE IMPLEMENTATION OF QUANTUM TEACHING MODEL USING MULTIMEDIA TO IMPROVE NATURAL SCIENCE LEARNING FOR THE FIFTH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI 1 KEDUNGSARI IN ACADEMIC YEAR 2014/2015. Thesis, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University. June 2015.

 

The objectives of this research are: (1) to describe the implementation of Quantum Teaching model using multimedia to improve Natural Science learning for the fifth grade students of SD Negeri 1 Kedungsari in the academic year of 2014/2015; (2) to improve natural science learning through the implementation of Quantum Teaching model using multimedia for the fifth grade students of SD Negeri 1 Kedungsari in the academic year of 2014/2015; and (3) to describe problems and solutions in the implementation of Quantum Teaching model using multimedia in improving natural science learning for the fifth grade students of SD Negeri 1 Kedungsari in the academic year 2014/2015.

This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR). This research was conducted in three cycles, every cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection. Subjects of this research were fifth grade students of SD Negeri 1 Kedungsari in the academic year of 2014/2015, totaling 19 students consisting of 14 male students and 5 female students. Validity of data used triangulation technique in the form of triangulation of data sources and data collecting technique. Data sources in this research were obtained from teacher, students, and observers. Data collecting techniques were test, observation, and interview. Analysis of data used qualitative analysis technique, consisting of data reduction, data display, and drawing conclusion.

The results of this research show that: (1) the implementation of Quantum Teaching model using multimedia can improve natural science learning for the fifth grade students carried out through six steps, namely: a) grow using multimedia; b) experience; c) give name using multimedia; d) demonstrate; e) repeat using multimedia; f) celebrate; (2) the implementation of Quantum Teaching model using multimedia can improve natural science learning about the characteristics of light for the fifth grade students of SD Negeri 1 Kedungsari. This was evidenced by the observation of the increase of natural science learning outcomes in cycle I achieved 55%, in cycle II increased to 71%, and in cycle III increased to 89%; and (3) the main problem of the implementation of Quantum Teaching model using multimedia was the implementation of experiments and discussions which was not maximum. Solution to overcome that problem is the teacher gives more guidance and maximizes experimental discussions activities.

The conclusions of this research is the implementation of Quantum Teaching model using multimedia conducted with appropriate steps can improve natural science learning about the characteristics of light for the fifth grade students of SD Negeri 1 Kedungsari in academic year 2014/2015.

 

Keywords: Quantum Teaching, multimedia, natural science


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.