candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA SEJARAH PERADABAN INDONESIA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 SRUWENG TAHUN AJARAN 2014/2015

Zakariya Syah

Abstract


ABSTRAK

 Zakariya Firasyan Syah. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAP DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS TEMA SEJARAH PERADABAN INDONESIA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 SRUWENG TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2015.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran mind map dalam peningkatan hasil belajar IPS Tema Sejarah Peradaban Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sruweng Tahun Ajaran 2014/2015; (2) meningkatkan hasil belajar IPS Tema Sejarah Peradaban Indonesia melalui penggunaan model pembelajaran mind map pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sruweng Tahun Ajaran 2014/2015; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model pembelajaran mind map dalam peningkatan hasil belajar IPS Tema Sejarah Peradaban Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri 1 Sruweng Tahun Ajaran 2014/2015.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Sruweng tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 27 siswa. Sumber data berasal dari siswa dan observer. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, observasi, dan wawancara. Alat pengumpulan datanya berupa tes hasil belajar, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data, yang didapatkan dari siswa, guru, dan teman sejawat. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penerapan model pembelajaran mind map dapat meningkatkan hasil belajar  IPS Tema Sejarah Peradaban Indonesia pada kelas V yang dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkahnya yaitu: a) tahap persiapan, b) tahap pelaksanaan yang terdiri dari: tinjauan menyeluruh, tinjauan awal, tinjauan mendalam, dan tinjauan ulang, serta c) tahap akhir; 2) peningkatan pada hasil belajar Tema Sejarah Peradaban Indonesia yang paling signifikan terjadi pada siklus II ke siklus III yaitu 14,46%, 3) peningkatan rata-rata hasil belajar siswa tertinggi pada siklus II ke siklus III sebesar 8,59; dan 4) kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran mind map dapat teratasi dengan beberapa solusi, sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran mind map jika dilaksanakan sesuai langkah yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar IPS Tema Sejarah Peradaban Indonesia pada siswa kelas V SDN 1 Sruweng tahun ajaran 2014/2015.

 

Kata kunci: mind map, Hasil Belajar, IPS

 


ABSTRACT

Zakariya Firasyan Syah. THE APPLICATION OF MIND MAP MODEL IN IMPROVING SOCIAL SCIENCE LEARNING OUTCOMES ABOUT HISTORY OF INDONESIAN CIVILIZATION FOR THE FIFTH GRADE STUDENTS OF SD NEGERI 1 SRUWENG IN ACADEMIC YEAR 2014/2015. Thesis, Faculty of Teacher Training and Education. Sebelas Maret University. 2015.

The purpose of this research are: (1) to describe the application of mind map model in improving social science learning outcomes about History of Indonesian Civilization for the fifth grade students of SD Negeri 1 Sruweng in academic year 2014/2015; (2) to improve social science learning outcomes about History of Indonesian Civilization through the application of mind map learning model for the fifth grade students of SD Negeri 1 Sruweng in academic year 2014/2015; and (3) to describe problems and solutions in the application of mind map learning model in improving social science learning outcomes about History of Indonesian Civilization for the fifth grade students of SD Negeri 1 Sruweng in academic year 2014/2015.

This research is a Classroom Action Research (CAR) conducted in three cycles and consisted of planning, action, observation, and reflection on each cycle. Subjects were fifth grade students of SD Negeri 1 Sruweng in academic year 2014/2015 totaling 27 students. Sources of data were derived from students and observers. Data collection techniques were tests, observations, and interviews. Data collection tools such as test of learning outcomes, observation sheets, and interview guidelines. Validity of the data used triangulation techniques of data, obtained from students, teachers, and peers. Data were analyzed using qualitative data analysis techniques, consisted of data reduction, data display, and conclusion or verification.

The results show that: 1) the application of mind map learning model can improve social science learning outcomes about History of Indonesian Civilization for the fifth grade carried out with the following steps: a) preparation phase, b) implementation phase consisting of: overview, preview, in-depth view, and review, and c) final stage; 2) the most significant improvement of social science learning outcomes about History of Indonesian Civilization was 14.46% occurred in the cycle II to cycle III, 3) the average increase of learning outcomes for the highest student was 8.59 occurred in cycle II to cycle III; and 4) the problems occurred in the implementation of learning with mind map learning model can be resolved with some solutions, so that the implementation of learning can be conducted well. The conclusions of this research is the application of mind map learning model if implemented according to appropriate steps can improve social science learning outcomes about History of Indonesian Civilization for the fifth grade students of SDN 1 Sruweng in academic year 2014/2015.

Keywords: mind map, learning outcomes, social science


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.