candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL MIND MAP DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 1 SOKAWERA KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2014/2015

Yayan Ari Subangkit

Abstract


ABSTRAK

 

Yayan Ari Subangkit. PENERAPAN MODEL MIND MAP DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 1 SOKAWERA KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juni 2015.

 Tujuan penelitian ini yaitu: (1) menjelaskan langkah-langkah penerapan model mind map, (2) meningkatkan hasil belajar IPS melalui penggunaan mind map, (3) menemukan kendala dan solusi penerapan model mind map dalam peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sokawera Tahun Ajaran 2014/2015.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam 3 siklus yang terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan tes. Validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model Mind Map menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: tahap persiapan memberikan pelatihan dan pengetahuan tentang peta pikiran, tahap pelaksanaan meliputi tinjauan menyeluruh (penyampaian materi pokok pelajaran yang akan dipelajari), tinjauan awal (memperhatikan konsep materi yang diajarkan melalui peta pikiran), tinjauan mendalam (proses belajar dengan membahas materi secara detail dan rinci), kemudian tahap tinjauan ulang, meninjau hal-hal penting dari materi dan perlu diingat oleh siswa, (2) penerapan model Mind Map dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Sokawera Tahun Ajaran 2014/2015 yang dibuktikan dengan meningkatnya nilai siswa, yaitu pada pratindakan belum ada yang mencapai KKM (75) dari 25 siswa, siklus I 20% dengan rata-rata 61,20. Siklus II 52% dengan rata-rata 73,61, dan siklus III 88% dengan rata-rata 86,1. (3) kendala yang dihadapi dalam penerapan model Mind Map dalam peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sokawera Tahun Ajaran 2014/2015 yaitu: (a) sumber belajar terbatas, (b) guru kurang memperhatikan siswa pasif, (c) kurangnya pemberian motivasi dan pemusatan perhatian, (d) siswa kurang semangat, (e) siswa pasif dalam menanya dan  berpendapat, (f) ukuran kertas pembuatan peta pikiran kecil. Solusi dari kendala tersebut yaitu: (a) memperbanyak sumber belajar di perpustakaan dan lingkungan, (b) adil pada siswa aktif dan pasif, (c) lebih banyak memberikan motivasi dan pemusatan perhatian siswa, (d) guru memberi penguatan pada siswa, (d) siswa harus lebih berani terlepas benar atau salah dan guru memancing dengan reward, (e) guru atau siswa mempersiapkan kertas dengan ukuran lebih besar.

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sokawera Tahun Ajaran 2014/ 2015.

 Kata Kunci: Mind Map, Hasil Belajar, IPS



ABSTRACT

Yayan Ari Subangkit. THE APPLICATION OF MIND MAP MODEL IN IMPROVING SOCIAL SCIENCE LEARNING OUTCOME FOR THE FOURTH GRADE STUDENTS OF SDN 1 SOKAWERA PADAMARA SUBDISTRICT PURBALINGGA REGENCY IN THE ACADEMIC YEAR OF 2014/2015. Thesis. Surakarta: Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret University. June 2015.

The objectives of this research are: (1) to describe the application of Mind Map model, (2) to improve social science learning outcomes by using Mind Map, and (3) to find out problems and solutions in the application of Mind Map model to improve social science learning outcomes for the fourth grade students of SDN 1 Sokawera in the academic year of 2014/2015. 

This research is collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted within three cycles, consisted of planning, implementation, observation and reflection on each cycle. The techniques of collecting data in this research were observations, interviews, and tests. Validity of data used triangulation technique and triangulation source.

The results of this research show that: (1) the application of Mind Map implemented through four steps, namely: preparation stage consisting of giving exercising and knowledges about mind map, implementation stage consisting of giving all materials, inview stage consisting of evaluating materials by using mind map, in-depth review consisting of discussing materials in detail and specific, and then overview stage consisting of reviewing important materials in detail and specific; (2) the application of Mind Map model can improve social science learning outcomes for the fourth grade students of SDN 1 Sokawera in the academic year of 2014/2015. It was evidenced by the increase of students learning outcomes and in the pre-action, from 25 students there was no students passed minimum completeness criteria (75). The percentage of score in the first cycle was 20% with average 61.20; in the second cycle was 52% with average 73.62; and in the third cycle was 88% with average 86.1, (3) the problems in the application of Mind Map model in improving social science learning outcomes for the fourth grade students of SDN 1 Sokawera in the academic year of 2014/2015, namely: (a) limited resource, (b) the teacher did not pay attention to passive students, (c) lack of giving motivation and concentration, (d) the students were less enthusiasm, (e) the students was passive in asking and giving opinion, (f) paper size to make mind map was small. Solutions to solve these problems, namely: (a) studying in library, (b) be fair with active and passive students, (c) give more motivation and concentration to students, (d) the teacher gives reward for students, and (e) teachers or students prepare bigger size of paper.

The conclusion of this research is the application of Mind Map model can improve social science learning outcomes for the fourth grade students of SDN 1 Sokawera in the academic year of 2014/2015.

 

Keywords: mind map, learning outcomes, social science


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.