candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 7 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2014/2015

EKo Wibowo

Abstract


ABSTRAK

 

Eko Setyo Wibowo. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 7 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mei 2015.

Tujuan penelitian ini adalah (1) menendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN 7 Kebumen Tahun Ajaran 2014/2015; (2) meningkatkan kualitas pembelajaran IPA melalui penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching pada siswa kelas IV SDN 7 Kebumen Tahun Ajaran 2014/2015; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA  pada siswa kelas IV SDN 7 Kebumen Tahun Ajaran 2014/2015.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 7 Kebumen tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Sumber data berasal dari siswa dan observer. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, observasi, dan wawancara. Alat pengumpulan datanya berupa tes hasil belajar, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data, yang didapatkan dari siswa, guru, dan teman sejawat. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di kelas IV yang dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkahnya yaitu: a) tumbuhkan, b) alami, c) namai, d) demonstrasikan, e) ulangi, dan f) rayakan; 2) peningkatan pada kualitas proses pembelajaran yang paling signifikan terjadi pada siklus I ke siklus II yaitu 16%, 3) peningkatan rata-rata hasil belajar siswa tertinggi pada siklus II ke siklus III sebesar 7,9; dan 4) kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model Quantum Teaching dapat teratasi dengan beberapa solusi, sehingga pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Quantum Teaching jika dilaksanakan sesuai langkah yang tepat dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 7 Kebumen tahun ajaran 2014/2015.

 

Kata kunci: Quantum Teaching, kualitas pembelajaran, IPA

                                                  

 

 

ABSTRACT

Eko Setyo Wibowo. THE APLICATION OF QUANTUM TEACHING MODEL IN IMPROVING NATURAL SCIENCE LEARNING QUALITY FOR THE FOURTH GRADE STUDENTS OF SDN 7 KEBUMEN IN THE ACADEMIC YEAR OF 2014/2015. Thesis, Faculty of Teacher Training and Education. Sebelas Maret University. May 2015.

The objectives of this research are (1) to describe the steps of using Quantum Teaching model in improving natural science learning quality, (2) to describe the improvement of natural science learning quality for the fourth grade students of SD Negeri 7 Kebumen in the academic year of 2014/2015, and (3) to describe the problems and solutions of using Quantum Teaching model.

This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR) conducted in three cycles consisting of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this research were 24 students (12 male and 12 female students) in the fourth grade of SDN 7 Kebumen in the academic year of 2014/2015. The sources of data were obtained from students and observers. Techniques of collecting data were test, observation, and interview. Instruments of collecting data were test of learning outcomes, observation sheet and interview guide. Validity of data were triangulation technique obtained from students, teachers and classmates. Data were analyzed using qualitative technique including data reduction, data display, and drawing conclusion or verification. Research procedure was sequenced spiral model.

The results of this research show that: 1) the use of Quantum Teaching can improve natural science learning quality for the fourth grade students conducted appropriately, namely (TANDUR) : a) growing, b) experiencing, c) naming, d) demonstrating, e) repeating and f) celebrating, 2) the most significant improvement happened on learning process quality was 16%  from the first cycle to the second cycle; 3) the highest average of learning outcomes was 7.9 happened from the second cycle to the third cycle; and 4) the problems of using Quantum Teaching in the learning process could be solved by some solutions, so the learning activity could run well.

The conclusion of this research is the application of Quantum Teaching conducted with appropriate step can improve natural science learning quality for the fourth grade students of SD Negeri 7 Kebumen in the academic year of 2014/2015.

 

Keywords: Quantum Teaching, learning quality, natural science

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.