candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN METODE NHT DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BILANGAN BULAT DI SEKOLAH DASAR

istiqomah istiqomah

Abstract


Oleh:

Istiqomah1, H. Setyo Budi 2, Kartika Chrysti S 3

FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret

e-mail: istyqomah_8778@yahoo.co.id

Abstrak: Penggunaan Metode NHT Dalam Peningkatan Pembelajaran Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan: mengetahui peningkatan pembelajaran bilangan bulat, dan mengetahui kendala dan solusi. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini: 1) langkah penggunaan metode NHT: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi 2) Penggunaan Metode NHT dapat meningkatkan pembelajaran bilangan bulat 3) Kendala yang dihadapi: siswa tidak berani mempresentasikan hasil diskusi, solusinya: guru menunjuk nomor siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi dan meminta tanggapan dari siswa.

Kata Kunci: Metode NHT, Matematika, Bilangan Bulat.

 

Abstract : using method NHT in learning integer in primary schools. This research aims to: increase civics learning integer, and knowing the constraints and solutions. Data sources are from teachers and students. Data collection techniques using test, observation, interviews, and documentation. The validity of the data using a triangulation method. Analysis of the data using descriptive kualitatif and kuantitatif. The results of this study: 1) measures the use of method NHT: planning, implementation, and evaluation 2) Use of methods NHT to improve learning integer 3) Obstacles encountered: the student's tidak berani mempresentasikan hasil diskusi, the solution: the teacher menunjuk nomor siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi and often gave responses from student.

Keywords: method NHT, Learning, integer


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.