PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA GRAFIS DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SDN 2 JEMBANGAN TAHUN AJARAN 2014/2015
Abstract
Abstract: The application of The Scientific Approach to Media Graphics in Improving Student Learning Outcomes IPS SD Class IV. This study aims to: (1) Describe the application of the scientific approach to graphic media to improve learning outcomes in the material IPS economic activity IV Elementary School 2 Jembangan Academic Year 2014/2015, (2) improve learning outcomes through the implementation of IPS scientific approach to graphic media in grade IV Elementary School 2 Jembangan Academic Year 2014/2015, (3) find challenges and solutions encountered in the application of scientific approach to graphic media to improve learning social studies in grade IV Elementary School 2 Jembangan Academic Year 2014/2015. Application of the scientific approach to graphic media can improve learning outcomes IPS Class IV Elementary School 2 Jembangan..
Keywords: Social (IPS), Scientific Approach, Media Graphics, Learning Outcomes
Abstrak: Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Grafis dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dengan media grafis untuk meningkatkan hasil belajar IPS dalam materi aktivitas ekonomi warga kelas IV SDN 2 Jembangan Tahun Ajaran 2014/2015, (2) meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan pendekatan saintifik dengan media grafis pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Jembangan Tahun Ajaran 2014/2015, (3) menemukan kendala dan solusi yang dihadapi pada penerapan pendekatan saintifik dengan media grafis untuk meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Jembangan Tahun Ajaran 2014/2015.. Penerapan pendekatan saintifik dengan media grafis dapat meningkatkan hasil belajar IPS Kelas IV SDN 2 Jembangan.
Kata kunci: IPS, Pendekatan Saintifik, Media Grafis, Hasil Belajar
Keywords: Social (IPS), Scientific Approach, Media Graphics, Learning Outcomes
Abstrak: Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Grafis dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dengan media grafis untuk meningkatkan hasil belajar IPS dalam materi aktivitas ekonomi warga kelas IV SDN 2 Jembangan Tahun Ajaran 2014/2015, (2) meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan pendekatan saintifik dengan media grafis pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Jembangan Tahun Ajaran 2014/2015, (3) menemukan kendala dan solusi yang dihadapi pada penerapan pendekatan saintifik dengan media grafis untuk meningkatkan pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Jembangan Tahun Ajaran 2014/2015.. Penerapan pendekatan saintifik dengan media grafis dapat meningkatkan hasil belajar IPS Kelas IV SDN 2 Jembangan.
Kata kunci: IPS, Pendekatan Saintifik, Media Grafis, Hasil Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id
Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.
Isi di luar tanggung jawab penerbit.