candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENYIMAK PADA SISWA KELAS IIIA SDI ULIL ALBAB KEBUMEN

Evita kurniasari

Abstract


Oleh:

Evita Kurniasari 1, Wahyudi 2, Joharman 3

PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret. Jl. Slamet Riyadi No. 449, Surakarta

e-mail: evitakurnia@gmail.com

 

Abstract: The Use Sociodrama Method by Audio Visual Media To Improve Listening Comprehension At The Third Grade Students Of SDI Ulil Albab Kebumen. The purpose of this study to describe steps of using Sociodrama method with audio-visual media at the third grade students of SDI Ulil Albab Kebumen. This research was a collaborative Classroom Action Research (CAR) using a research design cycle. Subjects of this research were 29 students of class IIIA SDI Ulil Albab Kebumen, consisting of 19 males and 10 females. This study was conducted in 3 (three) cycles. Each cycle consists of four elements: planning, implementation, observation, and reflection. The results showed that the use of Method Sociodrama with Audio-Visual media can improve listening comprehension. The conclusion of this research is the use of sociodrama method with audio-visual media can improve students’ listening comprehension at the third grade students of SDI Ulil Albab Kebumen.

 

Keywords: sociodrama, audio visual, listening.

 

Abstrak: Penggunaan Metode Sosiodrama dengan Media Audio Visual untuk Peningkatan Pembelajaran Menyimak Pada Siswa Kelas IIIA SDI Ulil Albab Kebumen. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan metode sosiodrama dengan media audio visual dalam meningkatkan  pembelajaran menyimak  pada siswa kelas IIIA SDI Ulil Albab Kebumen. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan rancangan penelitian siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas IIIA SDI Ulil Albab Kebumen yang berjumlah 29 siswa, terdiri dari 19 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus. Tiap siklus terdiri atas empat unsur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan metode sosiodrama dengan media audio visual dapat meningkatkan pembelajaran menyimak. Simpulannya adalah penggunaan metode sosiodrama dengan media audio visual dapat meningkatkan pembelajaran menyimak siswa kelas IIIA SDI Ulil Albab Kebumen.

Kata kunci: sosiodrama, audio visual, menyimak.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.