candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL COOPERATIF TYPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENGOLAHAN DATA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 PANDANSARI

nunung nunung

Abstract


Nunung Siti Nurjanah1, Wahyudi2, Moch. Chamdani3

PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl. Kepodang 67A Panjer Kebumen

Email: anchy_gunarto@yahoo.com

  1. 1.     Mahasiswa PGSD FKIP UNS

 2, 3.  Dosen PGSD FKIP UNS

 

 

Abstrak: Penerapan  Model Koopertive Tipe Team Assisted Individualization  untuk Peningkatan Pembelajaran Pengolahan Data  Siswa Kelas VI SDN 2 Pandansari. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dalam meningkatkan pembelajaran pengolahan data dan menemukan kendala serta solusi. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan metode triangulasi teknik dan sumber. Hasil menunjukkan bahwa: penerapan model Kooperative Tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan pembelajaran pengolahan data bagi siswa kelas VI SDN 2 Pandansari.

Kata Kunci: Team Assisted Individualization, pengolahan data, dan pembelajaran.

 

Abstract: The application of cooperative model type Team Asssisted Individualization in improving data processing learning at sixth graders of SDN 2 Pandansari. The purpose of this research was to describe the application  of the Cooperative Team Assisted Individualization type that can improve learning outcome Mathematics of Data Processing and find problems and solutions. The research used Classroom Action Research technique. The research was conduced in three cycle, with each cycle consisting the planning, implementation, observation, and reflection. Data was collected by observation, interview, and test. The validity of data used triangulation technique and source method. The result showed that the application of cooperative model type Team Asssisted Individualization can improve  data processing learning at sixth graders students of SDN 2 Pandansari

Keyword: Team Assisted Individualization , data processing,  learning.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.