candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SD

Rominah Afriatun

Abstract


Abstrak: Penggunaan Metode Index Card Match untuk Meningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS di Kelas IV SD Negeri Munggu. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS dengan metode Index Card Match. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian tindakan kelas berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan tindakan  dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian siswa kelas  IV SD Negeri Munggu semester 2 sejumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan datanya observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Index Card Match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS di kelas IV SD Negeri Munggu.

Kata Kunci: Index Card Match, Pembelajaran, IPS.

Abstract:  The using of  Index Card Match Methods to Improve The Liveliness and Result Learning Social Studies in the Fourth Grade Students SD Negeri Munggu. The purpose of this study is improving result learning of through Index Card Match methods. This research utilize Classroom Action Research (CAR). Procedure of the research consists of planning, action, observation, and reflection. Action performing is performed in three cycles. The subjects were elementary school students in fourth  grade with total 32 students. Data collection  techniques using observation, interviews, and tests. The conclusions show that the using word square model learning can to improve the liveliness and result learning of Social Studies on IV Grade Student SD Negeri Munggu.

Keywords: Index Card Match, Learning, Social Studies

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.