candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SISWA KELAS III SDN PENEKET TAHUN 2013/2014

Cahyani Dona Aji

Abstract


ABSTRAK

 

Cahyani Dona Aji. PENINGKATAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SISWA KELAS III SDN PENEKET TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Agustus 2014.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan langkah-langkah pemanfaatan lingkungan sekitaryang dapat meningkatkan berpikir ktitis dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Peneket tahun ajaran 2013/2014; (2) untuk meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Peneket melalui pemanfaatan lingkungan sekitar tahun ajaran 2013/2014; dan (3) untuk mendeskripsikan kendala dan solusi dalam peningkatan berpikir kritis dan hasi belajar IPA melalui pemanfaatan lingkungan sekitar siswa kelas III SDN Peneket tahun ajaran 2013/2014.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang  dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Peneket yang berjumlah 30. Sumber data berasal dari siswa, guru, dan observer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemanfaatan lingkungan sekitar dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (a) tahap persiapan, (b) tahap pelaksanaan, (c) tahap pasca kegiatan; (2) Pemanfaatan lingkungan sekitar dapat meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar IPA  yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan berpikir kritis pada siklus I 73,4%, pada siklus II 76%, dan pada siklus III 84,4%, dan persentase ketuntasan hasil belajar IPA pada sikuls I 78%, pada siklus II 84%, dan pada siklus III 87,2%; (3) Kendala pemanfaatan lingkungan sekitarsebagai berikut: (a) guru belum memberikan stimulus permasalahan yang tepat, (b) guru kurang memberikan motivasi belajar, (c) siswa tidak berani  mencari alternatif pemecahan masalah, dan (d) siswa tidak dapat mengevaluasi argumen. Solusi yang dilakukan peneliti sebagai berikut: (a) guru lebih sering memberikan stimulus permasalahan, (b) guru memberikan motivasi belajar dengan bernyanyi, (c) mengarahkan siswa untuk tidak takut mencoba menentukan alternatif pemecahan, dan (d) mengajak siswa dalam analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah. 

Simpulan penelitian ini adalah pemanfaatan lingkungan sekitar dapat meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar IPA siswa kelas III SDN Peneket tahun ajaran 2013/2014.

 

Kata kunci: Berpikir kritis, hasil belajar, IPA, Pemanfaatan lingkungan sekitar

 

 

ABSTRACT

 

Cahyani Dona Aji. IMPROVING STUDENTS’ CRITICAL THINGKING AND NATURAL SCIENCE LEARNING OUTCOMES THROUGH THE UTILIZATION OF ENVIRONMENT AT THE THIRD GRADE STUDENTS OF SDN PENEKET IN ACADEMIC YEAR OF 2013/2014. Thesis. Faculty of Teacher Training and Education. Sebelas Maret University. September 2014.

The objectives of this research are: (1)to describe the steps of utilization of environment in improving students’ critical thinking and Natural Science learning outcomes at the third grade students of SDN Peneket in academic year of 2013/2014; (2) to improve students’ critical thinking and Natural Science learning outcomes at the third grade students of SDN Peneket in academic year of 2013/2014; and (3) to describe problems and solutions in the utilization of environment in improving students’ critical thinking and Natural Science learning outcomes at the third grade students of SDN Peneket in academic year of 2013/2014 .

This research was a Classroom Action Research carried out in three cycles. Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. The subjects were third grade students of SDN Peneket totaling 30 students. Sources of data were from students, teachers, and observers. Data collection techniques used documentation, observation, interview, and test. Validity of data source used triangulation techniques and triangulation of data collection techniques. Analysis of data used quantitative and  qualitative data analysis techniques.

The results showed that (1) the utilization of environment conducted with the following steps: (a) preparation phase, (b) implementation phase, (c) post stage activity; (2)The utilization of environment can improve students’ critical thinking and Natural Science learning outcomes by the percentage of passing grade mastery of critical thinking in the first cycle was 73.4%, 76% in the second cycle and in third cycle reached 84.4%, and the percentage of passing grade mastery of Natural Science learning outcomes in the first cycle was 78%, 84% in the second cycle and in third cycle reached 87.2%; (3) the problems found in the utilization of environment were as follows: (a) the teacher had not given the proper stimulus problems, (b) the teacher’s lack of motivating the students to learn, (c) the students did not dare to look for alternative solutions, and (d) the students were not able to evaluate the arguments. The solutions provided by researcher were as follows: (a) the teacher should provide stimulus problems frequently, (b) the teacher should give motivation to learn by singing, (c) the teacher should direct the students not to be afraid of trying to determine alternative solutions, and (d) the teacher should engage students in the analysis and evaluation problem-solving process.

The conclusion of this research is the utilization of environment can improve the critical thinking and Natural Science learning outcomes at the third grade students of SDN Peneket in academic year of 2013/2014.

 

Keywords: critical thinking, learning outcomes, Natural Science, environment utilization


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.