candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI PUCANGAN

Etty Riana

Abstract


Oleh:

Eti Riana1, Suhartono2, Joharman3

FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret

1 Mahasiswa S1 PGSD FKIP UNS

2 Dosen S1 PGSD FKIP UNS

e-mail: e_ti_no@yahoo.com

 

Abstrack: The Use Cooperative Model Jigsaw Type In Improving Mathematic Learning IV Grade Student SDN Pucangan. The purpose of this research is to improve student learning outcomes in learning Mathematics in Elementary School fourth grade students Pucangan using cooperative learning model jigsaw. This research is a classroom action research (CAR). This study was conducted in two cycles, with each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. Subjects were fourth grade students of SD Negeri Pucangan totaling 32 students. Source data comes from teachers and students. The data collection technique are test, observation, interviews, and documentation. The research can be conclude that cooperative model jigsaw type can be improve mathematic learning                                        .                           
Keywords: mathematic, learning, jigsaw

 

 

Abstrak: Penggunaan Midel Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Matematika di SDN Pucangan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Pucangan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Pucangan yang berjumlah 32 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Hasilnya menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperative tipe Jigsaw dapat meningkatkan pembelajaran Matematika.

 

Kata Kunci: pembelajaran, jigsaw, matematika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.