candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROUND TABLE DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA JAWA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI ENTAK

Tati Kurniati

Abstract


Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Round table dalam Peningkatan Pembelajaran Bahasa Jawa pada Siswa Kelas V SD Negeri Entak. Tujuan penelitian ini adalah  mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Round table untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Jawa siswa kelas V SD Negeri Entak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan rancangan penelitian siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 1 Tamanwinangun yang berjumlah 32 siswa, terdiri dari 19 laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus. Tiap siklus terdiri atas empat unsur yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Round table dapat meningkatkan pembelajaran bahasa Jawa.

Kata Kunci: Round table, Peningkatan, Bahasa Jawa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.