candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN 1 KALENG TAHUN AJARAN 2013/2014

Dhini Ferry Hidayah

Abstract


Abstrak : Penggunaan Model Quantum Teaching dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas IV SDN 1 Kaleng Tahun Ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan model Quantum Teaching dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 1 Kaleng; (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat dengan penggunaan model Quantum Teaching dalam peningkatan pembelajaran matematika pada siswa kelas IV SDN 1 Kaleng; (3) mengidentifikasi kendala dan solusi dalam penggunaan model Quantum Teaching dalam peningkatan pembelajaran matematika tentang bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 1 Kaleng. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus,tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penggunaan model Quantum Teaching dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bilangan bulat. Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model Quantum Teaching dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 1 Kaleng Tahun Ajaran 2013/2014.

 

Kata Kunci : Model Quantum Teaching, pembelajaran Matematika, siswa kelas IV.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.