candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN PAIKEM MODEL QUANTUM TEACHING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS V SEKOLAH DASAR

Siti Fatimah

Abstract


Abstrak: Penerapan PAIKEM Model Quantum Teaching dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah penerapan PAIKEM model Quantum Teaching, meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN 3 Dorowati tahun ajaran 2013/2014, dan mendeskripsikan kendala serta solusinya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaborasi yang dilaksanakan dalam tiga siklus, mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas V SDN 3 Dorowati yang berjumlah 24 siswa. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan PAIKEM model Quantum Teaching dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 3 Dorowati tahun ajaran 2013/2014.

 

Kata Kunci: Quantum Teaching, Pembelajaran, IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.