candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES IPA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NHT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MUNGGU TAHUN AJARAN 2013/2014

Dian Sugiarti

Abstract


Abstrak: Peningkatan Keterampilan Proses IPA dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan proses IPA pada siswa kelas V sekolah dasar dengan menerapkan tipe NHT. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V sekolah dasar yang berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan proses IPA setelah dilakukan pembelajaran dengan menerapkan tipe NHT pada siswa kelas V sekolah dasar. Simpulan penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan keterampilan proses IPA pada siswa kelas V sekolah dasar.

 

Kata Kunci: Tipe NHT, Keterampilan Proses, IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.