candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PECAHAN MELALUI MODEL CIRC PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI RAHAYU TAHUN AJARAN 2012/2013

Puji Asmiyati

Abstract


Oleh:

Puji Asmiyati1), Suhartono2), Suripto3)

FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret

e- mail: Zhee_az@yahoo.co.id

1      Mahasiswa PGSD FKIP UNS

2,3   Dosen PGSD FKIP UNS

 

Abstrak: Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Pecahan melalui Model CIRC pada Siswa Kelas IV SD Negeri Rahayu Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika tentang pecahan melalui model pembelajaran CIRC pada siswa kelas IV SD Negeri Rahayu. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Rahayu yang berjumlah 31 siswa. Data berasal dari siswa, teman sejawat dan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, tes dan dokumen. Validitas data menggunakan metode triangulasi dan sumber. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa hasil belajar matematika tentang pecahan pada siswa kelas IV meningkat melalui penerapan model pembelajaran CIRC.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, CIRC

 

Abstract: Improving the Mathematics Learning Result about Fraction with Cooperative Integrated Reading and Compositions Model in IV Grade Students Elementary School Rahayu in the Academic Year 2012/2013. The purpose of this research to improve mathematics learning result about pieces through CIRC type at IV grade students Elementary School Rahayu. This research uses classroom action research techniques. The research was conducted in three cycles. Subjects of this study is the IV grade students of  Elementary School Rahayu, which has 31 students. Data came from students, teacher and researchers. Data collection techniques using questioner, observation, testing and document. The validity of data using triangulation methods techniques and other sources. Analysis of the data used by the qualitative and quantitative analysis. The results showed that the Mathematics learning result about pieces in IV grade students improvie with use of CIRC type.

 

 Keyword: Learning result, Mathematic,CIRC

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.