candi borobudur kerajaan di indonesia

Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Sekecamatan Ambal Tahun Ajaran 2011/2012

Siti Ambarwati

Abstract


Abstrak: Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Sekecamatan Ambal Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian untuk mengetahui: (1) pengaruh hasil belajar dari pola asuh demokratis dan non demokratis; dan (2) pengaruh hasil belajar dari lingkungan belajar kondusif dan non kondusif. Teknik pengumpulan data tes dan angket. Teknik analisis anava dua jalur dengan simple random sampling. Penelitian dari bulan Juni 2011 sampai bulan Juli 2012.  Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh hasil belajar dari pola asuh demokratis; dan (2) ada pengaruh hasil belajar dari lingkungan belajar kondusif.

 

Kata kunci: Pola Asuh Orang Tua, Lingkungan Belajar, Hasil Belajar

 

Abstract. The Influence of Parenting Style and Environmental Learning on Social Studies’s Learning Outcomes on Fifth Grade 0f Ambal State Elementary School Academic Year 2011/2012. This research to know:  (1) influence of learning outcomes from democratic style’s and non democratic style’s, and (2) influence of learning outcomes from conducife environmental learning and non conducife environmental learning. Data collection techniques using by questionnaires. To analyze used the anava analysis with simple random sampling. The research starting at June of 2011 until July of 2012. Conclusions of this study showed there is influence of learning outcome in: (1) there is influence of learning outcomes from democratic style’s, and (2) there is influence of learning outcomes from conducife environmental learning.

 

Key Word: Parenting Style, Environmental Learning, Learning Outcomes


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.