PENINGKATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL MAKE A MATCH
Abstract
Abstract: The Increasing of Instructional at Elementary School with “Make A Match” Model of Cooperative Learning. This Science is to know increased of instructional with Make A Match model of cooperative learning. This science used classroom action research methode which three cycles. Each of which involed planning, implementing, observing, and reflecting.The subject of the science is fifth grade at elementary school, it is twenty one of students at Mudal Elementary School, twenty four of students at Sumberadi State Elementary School, and twenty seven of student at Jogomulyo State Elementary School. The result of the research showed that Make A Match model of cooperative learning can increase instructional at elementary School, it is the increasing of process and product of study.
Password: Instructional, Cooperative, Make A Match
Abstrak: Peningkatan Pembelajaran di Sekolah Dasardengan Pembelajaran Kooperatif Model Make A Match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pembelajarandengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Make A Match di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Subyek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 21anak di SD Negeri Mudal, 24 anak di SD Sumberadi dan 27 anak di SD Negeri 2 Jogomulyo.Hasildari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model Make A Match dapat meningkatkan pembelajaran di Sekolah Dasar, yang meliputi peningkatan dalam proses dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran, Kooperatif, Make A Match
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id
Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.
Isi di luar tanggung jawab penerbit.