candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN PMR DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD

Sigit Setiari

Abstract


Abstract: The application of PMR in completing Upgrades story about fractions in grade V SD. This study aims to determine how to improve the learning of Mathematics PMR especially Denomination. This study is the PTK which consists of three cycles, each cycle there are three meetings. Each cycle consists of planning, implementation, observation and reflection activities. Data collection techniques used were documents, interviews, direct observation, and make inferences or verification. The results of this study indicate that the application of PMR can improve: (1) learning mathematics in solving Problem Story Denomination and (2) the ability of students to complete the story about fractions. The conclusions of this study is that the implementation of PMR effectively improve the learning process and student learning goals of understanding.

Keywords: PMR, about the story, the students' understanding, fractions.

 

Abstrak: Penerapan PMR dalam Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan pada Siswa Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana PMR dapat meningkatkan Pembelajaran Matematika khususnya pada Pecahan. Penelitian merupakan PTK yang mana terdiri dari tiga siklus, masing-masing siklus ada tiga pertemuan. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan kegiatan refleksi.teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen, wawancara, observasi langsung, dan membuat kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PMR dapat meningkatkan: (1) pembelajaran Matematika dalam menyelesaikan Soal Cerita Pecahan dan (2) kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pecahan. Simpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan PMR efektif meningkatkan proses pembelajaran dan tujuan pembelajaran berupa pemahaman siswa.

 

Kata kunci: PMR, soal cerita, pemahaman siswa, pecahan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.