candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF DALAM PEMBELAJARAN AKSARA JAWA DI SEKOLAH DASAR

ASRI YANI

Abstract


Abstract :Using Media Card Java script letters in Learning in Primary Schools. Students' mastery of Javanese script is very low, as evidenced by the low yield learning to read and write Javanese students. In order to yield better learning Java script, teachers held a renewal in the learning process more enjoyable and enable the students. Selection of appropriate media is alternative to be taken. The purpose of this study was to describe the use of media in learning card Javanese letters in Primary Schools. This study uses classroom action research techniques. The results showed that the use of media flannel boards can improve learning outcomes Java script to read and write in primary school.

Keywords: Media, Learning, Javanese script.

 

Abstrak: Penggunaan Media Kartu Huruf dalam Pembelajaran Aksara Jawa di Sekolah Dasar. Penguasaan aksara Jawa siswa sangat rendah, terbukti dengan rendahnya hasil belajar membaca dan menulis aksara Jawa siswa. Agar hasil pembelajaran aksara Jawa lebih baik, guru mengadakan pembaruan dalam proses pembelajaran yang lebih menyenangkan dan mengaktifkan siswa. Pemilihan media yang tepat merupakan alternaif yang ditempuh. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan media kartu huruf dalam pembelajaran aksara Jawa di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan media papan flanel dapat meningkatkan hasil belajar membaca dan menulis aksara Jawa di Sekolah Dasar.

 

Kata Kunci: Media, Pembelajaran, aksara Jawa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.