candi borobudur kerajaan di indonesia

METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN IPS TENTANG PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Sri Wahyuningsih

Abstract


Abstract: Role Play Methodic in IPS's Learning About Proclamation Vicinity Scene Grade V Elementary School. This research aimed to describe the steps methodic to play role properly, describe improving the result of IPS's learning, and to find the constraint and the solution role play methodic. This research type is classroom action research which consists of three cycles, each of which involved planning, acting, observing and reflecting. The result of study showed the steps role play methodic consists of three steps are preparation phases, performing, and follow-up that was explained into 14 learning activities which can perfomed by good, so that can increase IPS's studying result, and found the constraint which can conquered with the right solution.

Abstrak: Metode Bermain Peran dalam Pembelajaran IPS  Tentang Peristiwa Sekitar Proklamasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan metode bermain peran, mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS, serta menemukan kendala dan solusi penggunaan metode bermain peran. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari  tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah metode bermain peran terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut yang terjabar menjadi 14 kegiatan yang terlaksana dengan baik, sehingga meningkatkan hasil belajar IPS, dan terdapat kendala yang dapat diatasi dengan solusi yang tepat.

 

Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Pembelajaran IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.