candi borobudur kerajaan di indonesia

PENDEKATAN INTEGRATIF DAN MEDIA KARTU HURUF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA KELAS IV SD

Liyana Susanti

Abstract


Abstract: Integrated Approach and Cards Media In Reading and Writing Learning Java Alphabets In IV Grade Elementary. The purpose of this research were  to kindergarten based of integrated approach and cards media at increasing reading and writing skills of java in IV grade students SDN 7 Kebumen. This research belongs to action research. The research was three cycle, which consisted of planning, acting, observing and reflecting. The technique of data collecting was observation, test and interview. The data validity used triangulation method. The result of this research showed that integrated approach and cards media can increase the student’s reading and writing skills Java alphabets.

Abstrak: Pendekatan Integratif dan Media Kartu Huruf dalam Pembelajaran  Membaca dan Menulis Aksara Jawa Kelas IV SD. Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan keberhasilan pendekatan integratif dan media kartu huruf dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan sebanyak tiga siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dengan observasi, tes dan wawancara. Validitas data menggunakan metode triangulasi. Hasil dari tindakan ini menunjukkan bahwa pendekatan integratif dan media kartu huruf dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa pada siswa kelas IV sekolah dasar.

Kata Kunci: Integratif, Kartu Huruf, Membaca, Menulis, Aksara Jawa

 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.