candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 CILANGKAP TAHUN AJARAN 2012/2013

Evik Dwijatmiko

Abstract


Abstrak: Contextual Learning Model Application In Improving Student Learning Outcomes In Class IV IPS SD 3 Cilangkap State Academic Year 2012/2013. This research aims to raise the SDN 3 Cilangkap students result learn of Sains of society at odd semester 2012/2013. Subyek from this research is student of class four.This research was done with three cycles with two meeting times for each. There are four step in each cycle. The step are: preparation, do the action, observation, and reflection. The research is making contextual model learning whose seven step, there are constructivism, inkuiry, community learning, modeling, questioning, reflection, and autehentic assessment. The result of this research is that contextual model learning make students active at learn, make students spirit in learning, and train responsibility. So contextual model learning can raise te students result learn. Studies is low as the value of thoroughness last sikus has reached 80%.Keywords: contextual model learning, result, sains of society.

Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Cilangkap Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 3 Cilangkap tahun Ajaran 2012/2013. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan tiga siklus dengan masing-masing dua pertemuan di setiap siklusnya. Ada empat langkah disetiap siklusnya. Langkah tersebut yaitu:perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penerapan model pembelajaran kontekstual memiliki tujuh tahapan yaitu kontruktivisme, inkuiri, masyarakat belajar, permodelan, bertanya, refleksi, dan penilaian autentik. Hasil penerapan model ini dapat meningkatkan keaktifan siswa, membuat siswa bersemangat, dan siswa semakin bertanggungjawab. Sehingga model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian dinyatakan berhasil karena nilai ketuntasan sikus terakhir telah mencapai 80%.

Kata Kunci: Model pembelajaran kontekstual, hasil, IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.