candi borobudur kerajaan di indonesia

PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN MEDIA MANIK-MANIK DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR BILANGAN BULAT DI SEKOLAH DASAR

FATHONI NUR HIDAYAT

Abstract


Abstract: Innovative Learning With Beads Media in Learning Outcomes Improved Integer at Elementary School. This study aims to improve learning outcomes integer in elementary school. This study used Classroom Action Research (PTK), which was implemented in three cycles, each cycle consisting of three meetings include planning, implementation, observation, and reflection. The results show that innovative learning can improve learning outcomes integer in elementary school.

Key Words: innovative instruction, beads, integers.

 

Abstrak: Pembelajaran Inovatif dengan media Manik-manik dalam Peningkatan Hasil Belajar Bilangan Bulat di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bilangan Bulat di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar Bilangan Bulat di sekolah dasar.

Kata Kunci: pembelajaran inovatif, manik-manik, bilangan bulat.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.