candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN BILANGAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDUNGSARI PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013

maretna sari

Abstract


Abstract: The use of Method Make a Match in Fraction Learning Improvement In Fourth Grade Elementary School Students Kedungsari APurworedjo Academic Year 2012/2013. This study aims to: describe the use of the method make a match and find obstacles and solutions. This research method is Classroom Action Research (CAR) consists of three cycles with 19 student subjects. Constraints in this study is in the early preparatory meeting is not maximized, students do not pay attention to the learning activities, as well as in the distribution of the group is still difficult. Results showed that: the use of the method make a match can enhance learning fractions.

 

Keywords: Make a Match;  Fractions; Learning

 

Abstrak: Penggunaan Metode Make a Match dalam  Peningkatan Pembelajaran Bilangan Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kedungsari Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini bertujuan : mendeskripsikan penggunaan metode make a match dan menemukan kendala beserta solusi. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari tiga siklus dengan subyek 19 siswa. Kendala dalam penelitian ini yaitu pada awal pertemuan persiapan belum maksimal, siswa tidak memperhatikan kegiatan pembelajaran, serta dalam pembagian kelompok masih kesulitan. Hasil menunjukkan bahwa: penggunaan metode make a match dapat meningkatkan pembelajaran bilangan pecahan.

 

Kata Kunci: Make a Match;  Bilangan Pecahan; Pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.