candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN METODE PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY) DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD

niken septi

Abstract


Niken Septiasih1, Suhartono2, Tri Saptuti Susiani3

1 Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret Kampus Kebumen

2 3 Dosen FKIP Universitas Sebelas Maret Kampus Kebumen

Jalan Kepodang 67 A Telp (0287) 381169 Kebumen 54312

e-mail : niken_septiasih@yahoo.com

Abstract: The Use of Guided discovery Method in Improving The Learning Science at The Fourth Grade of State Elementary School. Purposes of this research to the improve the learning of science at the fourth grade of elementary school with guided discovery method. This research was collaborative classroom action research. The experiment was conducted in two cycles and each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of research were students at the fourth grade of elementary school The tech-niques collecting data used observation, interviews, and tests. The validity of using tri-angulation of data sources and techniques. The result of research could concluded that the use of the guided discovery method could improve the learning of science at the fourth grade state elementary school.

Keywords: discovery, guided discovery, Science learning

Abstrak: Penggunaan Metode Penemuan Terbimbing dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Kelas IV SD. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran IPA kelas IV SD dengan metode penemuan terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ko-laborasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data meng-gunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan me-tode penemuan terbimbing dapat meningkatkan pembelajaran IPA kelas IV SD.

Kata Kunci: penemuan, penemuan terbimbing, pembelajaran IPA

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.