PENGGUNAAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD
Abstract
Dian Wahyuni1, Suhartono2, Tri Saptuti Susiani3
1 Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret Kampus Kebumen
2 3 Dosen FKIP Universitas Sebelas Maret Kampus Kebumen
Jalan Kepodang 67 A Telp (0287) 381169 Kebumen 54312
e-mail : dianahmad001@gmail.com
Abstract: The Used of Cooperative Model Think Pair Share Type in Improving The Mathematics Learning For The Fifth Grade of State Elementary School. The purposes of this research are to improve the Mathematics learning for the fifth grade of elementary school with the use of cooperative model Think Pair Share type. This research was collaborative classroom action research. The experiment was conducted in three cycles and each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of research were students at the fifth grade of elementary school. The techniques collecting data used observation, interviews, and tests. The validity of the data used triangulation. The result of research could concluded that the use of the cooperative model of Think Pair Share type could improve the learning of Mathematics Learning at the fifth grade state elementary school.
Keywords: cooperative model, think pair share, mathematics
Abstrak: Penggunaan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Kelas V SD. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran Matematika siswa kelas V SD dengan penggunaan model kooperatif tipe Think Pair Share. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaborasi. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan pembelajaran Matematika kelas V SD.
Kata Kunci: model kooperatif, think pair share, matematika
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id
Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.
Isi di luar tanggung jawab penerbit.