candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MEDIA FLIP CHART DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Andhika Yoga Prasetyo

Abstract


Abstract: Using the Media Flip Chart Science Learning Improvement in Primary Schools. The purpose of this study is to describe the procedures for using a flip chart that can enhance science learning and describe the constraints and their solutions from the use of a flip chart. This research is Classroom Action Research (CAR) conducted in 3 cycles with each cycle consisting of four phases: planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques are observation, interview and test. The validity of the data sources and using triangulation techniques. The results showed that the flip chart can enhance science learning.

Keywords: flip chart, learning sains

Abstrak: Penggunaan Media Flip Chart Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan prosedur penggunaan flip chart yang dapat meningkatkan pembelajaran IPA dan mendeskripsikan kendala beserta solusi dari penggunaan flip chart. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa flip chart dapat meningkatkan pembelajaran IPA.

Kata kunci: flip chart, pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.