candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN PENDEKATAN KONSTEKTUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA TENTANG SUMBER DAYA ALAM SISWA KELAS IV SDN JEMUR

BUDI LUKMAN

Abstract


Abstract: Implementation of Constektual Phenomenological in Improving Science of Natural Resources State Class IV SD Jemur. The purpose of this study is to describe the procedures for using a Pendekatan Konstektual that can enhance science learning and describe the constraints and their solutions from the use of a Pendekatan Konstektual. This research is Classroom Action Research (CAR) conducted in 3 cycles with each cycle consisting of four phases: planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques are observation, interview and test. The validity of the data sources and using triangulation techniques. The results showed that the Pendekatan Konstektual can enhance science learning.

Keywords: Pendekatan Konstektual, learning sains

Abstrak: Penerapan Pendekatan Konstektual dalam Peningkatan Pembelajaran IPA tentang Sumber Daya Alam Siswa Kelas IV SDN Jemur. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran IPA dan mendeskripsikan kendala beserta solusi dari penerapan pendekatan konstektual. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan konstektual dapat meningkatkan pembelajaran IPA.

 

Kata kunci: pendekatan konstektual, pembelajaran IPA


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.