candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPA

weka aji pamungkas

Abstract


Abstract : The UseModel Of Contextual Teaching And Learning In Improving SainsLearning In Fourth Grade Student.This study aims to: describe the process of learning and increase learning Sains.Fourth grade students study subjects SDN 5 Kebumen. Based on theresults of the research studyquality increased from the firstcycle, second cycle and third cycle. I suklusstudent activity 68,82%, the second cycle is 80,15% can be concludedin the first cycle showed an increase compared to the prior action. Beforethe action of students scoring above the KKM (75)is 18 students or46,15% with anaverage value of 63. In the first cycle of students who scored above KKM(75) is 25students or 64,10%with an average of 72,69% in the second cycle 71,79% and third cycle reaches100%.Keywords: contextual teaching and learning, Sains, ImprovedLearning Abstrak:: Penggunaan Model Contextual TeachingAnd Learning dalam peningkatan pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD. Penelitian ini bertujuan : mendeskripsikan proses pembelajaran dan peningkatan pembelajaran IPA. Metode yang digunakan adalahdengan menggunakan pendekatan ContextualTeaching and Learning. Subjek penelitian siswa kelas V SDN 5 Kebumen.Berdasarkan hasil penelitian kualitas pembelajaran mengalami peningkatan darisiklus I, siklus II, dan siklus III. Hal ini dapat dibuktikan dengan presentasepenilaian proses pada siklus I sebesar 63,3 % menjadi 79,8 % pada siklus II danmeningkat menjadi 83,6 pada siklus III. Perbandingan persentase ketuntasan belajar dari kondisi awal hanya 41,18%,meningkat menjadi 82,35 % pada siklus II meningkat lagi menjadi 88,23% dan padasiklus III memperoleh 94,12 %.  Kata Kunci: Contextual TeachingAnd Learning, IPA, PeningkatanPembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.