candi borobudur kerajaan di indonesia

TEKNIK PENGUASAAN KOSAKATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR

Liza Dwi Jayanti

Abstract


Oleh:

Liza Dwi Jayanti1, Diah Nutrisari2, Erlina Kusuma Wardani3, Fani Dwi Arini4, Kartika Chrysti S5

FKIP, PGSD Universitas Sebelas Maret

e-mail: lizadwij@yahoo.co.id

Abstrak: Teknik Penguasaan Kosakata dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa sangat rendah, terbukti dengan rendahnya pemahaman siswa pada bahasa Inggris. Agar hasil belajar bahasa Inggris lebih baik, guru menciptakan proses pembelajaran yang lebih menyenangkan dan lebih praktis. Pemilihan metode dan media yang tepat merupakan alternatif yang dapat ditempuh. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan teknik pengusaan kosakata bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan metode Practice Rehearsal Pair, dibantu dengan media gambar, media kartu cepat dan media konkret dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris di Sekolah Dasar.

 

Kata Kunci: Teknik, bahasa Inggris, Kosakata.

 

Abstract: The Vocabulary Mastery Techniques in the English Learning in Primary School. The vocabulary english mastery students was very low, so that the result in the lack of understanding of the students in the English. In order for the results to learn English better, teachers create the learning process more fun and more practical. Selection of appropriate methods and media is an alternative that could be taken. The purpose of this study is to describe the technical mastery of English vocabulary in elementary school. This study uses classroom action research techniques. The results showed that the used of Rehearsal Practice Pair, aided by media images, quick card media and concrete media could improve their English vocabulary in Primary Schools.

Keywords: Techniques, English, Vocabulary.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.