PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL RESEARCH BASED LEARNING SISWA KELAS V SD
Abstract
Anjuntia Bella Trisnasih1 , Kartika Chrysti Suryandari2, Suhartono3
PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl. Kepodang 67A Panjer, Kebumen
Email anjuntiabella@yahoo.co.id
- Mahasiswa PGSD FKIP UNS
- Dosen PGSD FKIP UNS
Abstract: The Improvement of Natural Science Process Skill and Learning Result through a Research Based Learning Model for the 5th Grade Students of Elementary School. The aims of the research to increase the skill of natural science process and learning result of the 5th grade students of elementary school by applying the research-based model. This collaborative classroom action research (CAR) conducted in three cycles; every cycle consists of plan, the execution of action, observation, and reflection. This research subjects totalling 20 students of elementary school. The result of the research showed that the research-based learning model can improve the skill of natural science process and learning result of the 5th grade students. The conclusion of the research is the research-based learning model can improve the skill of natural science process and learning result of the 5th grade students of elementary school.
Keywords: research-based learning model, skill of process, learning result, natural science
Abstrak: Peningkatan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Berbasis Riset di Kelas V Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD melalui model pembelajaran berbasis riset. Tiga Siklus Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas V SD. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran berbasis riset dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar IPA pada siswa kelas V. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis riset dapat meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar IPA siswa kelas V SD.
Kata Kunci: pembelajaran berbasis riset, keterampilan proses, hasil belajar, IPA
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id
Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.
Isi di luar tanggung jawab penerbit.