candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA

YUVITTA INDRIANI

Abstract


Abstract: Application of Learning Methods Tutor Sebaya to Increase Mathematic Learning About Decimal Fraction for Elementary School Grade 5 SDN Bojongsari Period 2012/2013. This research has a purpose to increase mathematic learning student grade 5 elementary school through Tutor Sebaya learning method. This research is about collaborative class action that implemented for 3 cycle. Each cycle implicate planning step, implementation, observation and reflection. Subject of this research is student grade 5. Data comes from researcher, teachers grade 5 and students grade 5. Data capture methods is observation, test, interview, and documentation. Data validity used data triangulation, technique and sources. Data analyzing use statistic descriptive quantity quantitative and qualitative analyzing. Conclusion of this research is to prove that application of learning methods Tutor Sebaya could increase mathematic learning about decimal fraction for elementary school grade 5.

Key words: Tutor Sebaya, Mathematic Learning, Fraction.

Abstrak: Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Pecahan Bagi Siswa Kelas VSDN 1 Bojongsari Tahun 2012/2013. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pembelajaran matematika siswa kelas V SD melalui metode pembelajaran Tutor Sebaya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V. Data berasal dari peneliti, guru kelas V dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, wawancara, dandokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi data, teknik dan sumber. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan pembelajaran matematika materi pecahan siswa kelas V sekolah dasar.

Kata Kunci: Tutor Sebaya, Pembelajaran Matematika, Pecahan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.