candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN METODE STAD DENGAN MEDIA BENDA KONKRET DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PECAHAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

DYAH PRATIWI

Abstract


Abstract: The Application of STAD Method by Using Realia in Teaching Fraction Improvement for the Fourth Grade Elementary School. The purpose of this study is describing the application of STAD method by using realia in teaching fraction improvement for the fourth grade elementary school. The subject is 38 students of the fourth grade elementary school. The study is Classroom Action Research with cycles method and every cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The data sources are students, peer, and the fourth grade teacher. The result shows that the application of STAD method by using realia that can improve students’ teaching fraction for the fourth grade elementary school.

Keywords: STAD Method, Realia, Teaching Fraction

Abstrak : Penerapan Metode STAD dengan Media Benda Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Pecahan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode STAD dengan media benda konkret dalam peningkatan pembelajaran pecahan siswa kelas IV Sekolah Dasar. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar yang berjumlah 38 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan metode siklus dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berasal dari siswa, teman sejawat, dan guru kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode STAD dengan media benda konkret dapat meningkatkan pembelajaran pecahan siswa kelas IV Sekolah Dasar.

 

Kata Kunci: Metode STAD, Media Benda Konkret, Pembelajaran Pecahan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.