candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS V SD NEGERI 5 KUTOSARI

Rizka Vitasari

Abstract


Abstract: The Improvement Activity and Learning Result Mathematics through Problem Based Learning Model V Grade Students of State Elementary School 5 Kutosari. The purpose of this research are: (1) describing the application of Problem Based Learning models, (2) improving of activity, and (3) improving of learning result mathematics. This research is a Collaborative Classroom Action Research. Subject of this research is a students in V grade total 16 students. Procedure research are, action, observation, and reflection. There are in two cycle, each cycle three meeting. The data collection technique is testing the results of observation, interviews, questionnaires and tests. The validity of data using triangulation source and triangulation techniques. Data analysis using quantitative analysis techniques and qualitative analysis, including data reduction, presentation of data, and verification. The results show that the application of Problem Based Learning models can be improve the activity and learning result in mathematics elementary school fifth grade students.

Keyword: Problem Based Learning, activity, learning result, Mathematics

Abstrak: Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD Negeri 5 Kutosari. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning, (2) meningkatkan keaktifan, dan (3) meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 16 siswa. Prosedur penelitian tindakan kelas berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif, meliputi reduksi data, sajian data, dan verifikasi data. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Leaning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V Sekolah Dasar.

 

Kata Kunci: Problem Based Learning, keaktifan, hasil belajar, Matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.