candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA GAMBAR DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PECAHAN DI SEKOLAH DASAR

Evi Kartika Sari

Abstract


 

Abstract: Application of Type Number Head Together (NHT) By Using Figures Media in Improving Fraction Learning in Primary School. This Study aims to describe of using type NHT, knowing improved learning outcomes fractions fourth grade students elementary school ,and  to find problems with solutions the using of NHT. The subject of this study is Fourth grade students of SDN Kuwaru which consists of 30 Students. This study is conducted in three cycles, each cycle consists of planning, action, observation, and documentation. Data collection techniques are test, observation, and documentation. The validity of the data used is triangulation method. Data analysis uses qualitative and quantitative analysis. The result showed that the using of NHT appropriate with steps can to increase learning fractions the class IV grade students elementary school.

Keywords: Number Head Together (NHT), Figures Media, Learning Fraction.

Abstrak: Penggunaan Tipe Number Head Together (NHT) dengan Media Gambar dalam Peningkatan Pembelajaran Pecahan di Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan tipe NHT, mengetahui peningkatan hasil belajar pecahan siswa kelas IV SD,dan menemukan kendala serta solusi dari penggunaan tipe NHT. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Kuwaru sejumlah 30 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan metode triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan NHT yang sesuai dengan langkah-langkah dapat meningkatkan pembelajaran pecahan siswa kelas IV SD.

 

Kata kunci: Number Head Together (NHT), Media Gambar, Pembelajaran Pecahan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.