candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH MODEL KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TENTANG PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA

Dani Cahyono

Abstract


Dany Warih Cahyono1), Suwarto WA2), Djaelani3)

PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl. Slamet Riyadi No. 449, Surakarta 57126

e-mail: danywarih@gmail.com

 

Abstract: The Influence Cooperative Model STAD Type Toward Learning Result of Social Studies About preparation of Indonesian independence. The purpose of this research to know the influence of cooperative model of Student Teams Achievement Divisions (STAD) type for social sciences learning result about preparation of Indonesian independence. This research is a experimental research. The research design used post tests only control group design. The sampling technique used was cluster random sampling. According to the result of hypothesis analysis in 5% significance got tcount > ttable (4,271 > 1,99). The conclution of this research  there are influence on the usage of cooperative model type Student Teams Achievement Divisions (STAD) to social science learning result about preparation of Indonesian independence.

Key words: STAD, Social studies

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar IPS tentang persiapan kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu post test only control group design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel (4,271 > 1,99). Simpulan penelitian ini adalah adanya pengaruh penggunaan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar IPS tentang persiapan kemerdekaan Indonesia.

 

Kata kunci: Student Teams Achievement Divisions, IPS


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.