candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL KONTEKSTUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SDN TLOGOREJO

MUMPUNI LESTARI

Abstract


Abstract: Using Contextual Model In Learning Improvement MatematikaTentang Grade Students about Geometri In Tlogorejo SDN Academic Year 2012/2013. This research aimed to describe (1) Increasing  the Contextual Model of Learning Mathematics about Geometri, (2) Problems and solutions in use Improved Contextual Model of Learning Mathematics about Geometri. This research is a classroom action research was conducted in three cycles. The research subject is the student on the fifth grade. There are 17 students in the class .The results showed that the use of contextual models can improve learning math on grade up space on Tlogorejo SDN Academic Year 2012/2013. This research problem is the researcher less optimum do the reflection, because of time limitation. The solution of the problem is optimize the time management on each step of learning model

Keywords: contextual, learning, geometrical

Abstrak: Penggunaan Model Kontekstual Dalam Peningkatan   Pembelajaran MatematikaTentang Bangun Ruang Pada Siswa Kelas V SDN Tlogorejo Tahun Ajaran 2012 / 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Penggunaan Model Kontekstual dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang  Bangun Ruang, (2) Kendala dan solusi Penggunaan Model Kontekstual dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Bangun Ruang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 17 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penggunaan model kontekstual dapat meningkatkan pembelajaran matematika tentang bangun ruang pada siswa kelas V SDN Tlogorejo Tahun Ajaran 2012 / 2013. Kendala penelitian ini adalah peneliti kurang optimal dalam melaksanakan refleksi karena keterbatasan waktu, solusi untuk kendala tersebut yaitu mengoptimalkan  pembagian waktu dalam setiap langkah-langkah model pembelajaran.

 

Kata Kunci: kontekstual, pembelajaran, bangun ruang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.