PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract
Anggun Dwi Setya P1, Rukayah2, Yulianti3
e-mail: wie_noverteengirl@yahoo.com
Abstract: The Using of SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Learning Method to Improve Reading Comprehension Skill in Indonesian Subject. The purpose of this research to improve reading comprehension skill in Indonesian subject through SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) learning method on fifth grade elementary school of 01 Ngasem. This research uses a classroom action research which carried out in two cycles. Each cycle consist of planning, action, observation, and reflection. Subject of this research is the fifth grade students of elementary school 01 Ngasem, which has 18 students. Data collection techniques using documentation, observation, interview, and test. The validity of data using triangulation of source and method. For analyzing data, used interactive technique. The conclusion of this research is using SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) can improve the reading comprehension skill in Indonesian language subject on fifth grade students of 01 Ngasem.
Keywords: SQ3R Method, Reading Comprehension, Skill
Abstrak: Penggunaan Metode Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dalam mata pelajaran bahasa Indonesia melalui metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada siswa kelas V SDN 01 Ngasem. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 01 Ngasem yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Validasi data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis interaktif. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 01 Ngasem, Colomadu, Karanganyar tahun ajaran 2012/2013.
Kata Kunci: Metode SQ3R, Keterampilan Membaca, Pemahaman.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id
Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.
Isi di luar tanggung jawab penerbit.