candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MEDIA AUDIO DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS V SDN 2 BOCOR

novi siami

Abstract


Abstract: The Using of Audio Media for Improving Listening Skill at Fifth Grade Student Elementary School 2 Bocor. The purpose of this research was to describe the using of audio media for listening skill and find problems with solutions. This research used Classroom Action Research technique. The research was conducted in three cycles, with each cycle consisting the planning, implementation, observation, and reflection. Data was collected by observation, questionnaire, and test. The validity of data used triangulation technique and source method. The results showed that: the using of sudio media can improve listening skill at fifth grade students elementary school 2 Bocor.

Keywords:  Audio Media, Listening Skill, Learning

Abstrak: Penggunaan Media Audio dalam Peningkatan Keterampilan Menyimak bagi Siswa Kelas V SDN 2 Bocor. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan media audio dalam peningkatkan keterampilan menyimak dan menemukan kendala serta solusi. Penelitian ini menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dengan observasi, angket, dan tes. Validitas data menggunakan metode triangulasi teknik dan sumber. Hasil menunjukkan bahwa: penggunaan media audio dapat meningkatkan keterampilan menyimak bagi siswa kelas V SDN 2 Bocor.

 

Kata Kunci: Media Audio,  Keterampilan Menyimak, Pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.