candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL MIND MAP DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

sani yah

Abstract


Abstract: The mind map model application  in increasing for the studying result of PKn for the fourth grade elementary school. This research aimed to describe the steps of  mind map model, problems, and solutions that model in increasing for studying result of PKn. Research carried out in three cycles with every cycle consist for planning, action, observation, and reflection. Subject of this research were elementary school students in fourth grade 2 Jintung totaling 26 students.The source data came from the teacher, student, observer, and documents Data collection techniques are observation, interviews,documentation and tests. Analysis of the data used by the qualitative and quantitative analysis. In the pre-action percentage of student thoroughness 0%, after performed the action in the  first cycle percentage of student thoroughness increased to 81%, in the second cycle increased to 85% and the third cycle increased to 92%.The results showed that the application of  the mind map model, can to increase  studying result of PKn in the fourth grade students elementary school.

Keywords: Mind Map, Studying Result, PKn

 

Abstrak: Penerapan Model Mind Map dalam Peningkatan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah   model mind map dan untuk mendeskripsikan kendala serta solusi model tersebut dalam peningkatan hasil belajar PKn. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Jintung yang berjumlah 30 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, observer, dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Pada pratindakan persentase ketuntasan siswa  0%, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 81%, pada siklus II meningkat menjadi 85% dan siklus III meningkat kembali menjadi 92%. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan model mind map, dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV sekolah dasar.

 

Kata Kunci: Mind Map, Hasil Belajar, PKn.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.