candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS SISWA KELAS V SD

sigit prasojo

Abstract


Abstract: Purpose Methodics Role Playing in Increasing IPS'S Learning Student brazes v SD. This research intent: describing learning process, IPS'S learning step-up. Executed research in three cycles. Subjek is this research is all student braze v SD Country 1 Mrentul that total 18 students. Data source comes from to learn and student. Data collecting tech utilizes observation, interview, essay, and documentation. Data validity utilize triangulation tech methodics and source. Analisis is data that utilized by analisis kualitatif and quantitative. Its result points out that Purpose Methodics Role Playing ,  can increase process and IPS'S studying result at brazes V.


Keywords: Role Playing, Learning,
Social Studies

 

Abstrak: Penggunaan Metode Role Playing dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan: mendeskripsikan proses pembelajaran, peningkatan pembelajaran IPS. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Mrentul yang berjumlah 18 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa Penggunaan Metode Role Playing, dapat meningkatkan proses dan hasil belajar IPS di kelas V.

 

Kata Kunci: Role Playing, Pembelajaran, IPS.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.