PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA MATERI GERAK DAN ENERGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS III SDN SIDOREJO LOR 06 SALATIGA 2017/2018
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPA siswa kelas 3 dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang setiap siklusnya terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan dan observasi, dan (3) refleksi. Penelitian dilakukan di kelas 3 SDN Sidorejo Lor 06 Kota Salatiga dengan jumlah responden 25 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan siswa serta soal tes evaluasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis ketuntasan dan teknik analisis diskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses belajar, siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa yang mulanya pada pra siklus sebesar 40%. Pada siklus I meningkat dengan tingkat ketuntasan sebesar 64%. Kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 88% dari jumlah keseluruhan siswa. Optimalnya partisipasi siswa dalam pembelajaran merupakan salah satu faktor berhasilnya penggunaan model Problem Based Learning dalam meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar.
ABSTRACT
This study aims to improve the process and the results of science learning 3rd graders using the learning model of Problem Based Learning video-aided media. This type of research is CAR with Kemmis and Mc Taggart model which each cycle consist of (1) planning, (2) implementation of action and observation, and (3) reflection. The research was conducted in grade 3 SDN Sidorejo Lor 06 Kota Salatiga with the number of respondents 25 students. Data collection techniques used are observation and test. The instruments used in this study are teacher and student observation sheets and evaluation test questions. The data obtained were analyzed using the technique of mastery analysis and comparative descriptive analysis technique. The results showed that in the learning process, students become more active in learning, while the completeness of student learning outcomes initially in the pre cycle by 40%. In the first cycle increased with a complete level of 64%. It then increases again in cycle II to 88% of the total number of students. Optimal participation of students in learning is one of the factors of successful use of Problem Based Learning model in improving the process and student learning outcomes.
Keyword: Problem Based Learning, learning outcomesFull Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id
Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.
Isi di luar tanggung jawab penerbit.